Pages

Monday, December 12, 2011

Pelajaran BMX Geometri II



Bagian II
Bagian II ini akan menceritakan fungsi ukuran2  yg sudah saya berikan dibagian I. Jadi sedikit lebih santai.

Top tube length / Panjang top tube
Mungkin pengukuran ini yang paling penting pada sepeda Anda. Street frame cenderung punya sisi yang lebih pendek, karena orang-orang percaya bahwa mereka akan berputar lebih cepat. Hal ini ada benarnya.
Seseorang dgn tinggi 6 kaki, pada frame 20in, mungkin tidak berputar secepat Anda pikir. Pengendara dapat merasa sempit, dan ia tidak memiliki ruang untuk mendapatkan leverage untuk berputar. Hal yang sama, bahwa frame 20in mungkin merasa terlalu panjang bagi orang yang hanya 5 kaki. Anda harus dapat menilai hal itu didasarkan pada ukuran frame apa yang harus Anda gunakan.
Hal aneh lain yang orang tdk sadari dari top tube panjang, adalah Anda mendapatkan leverage. A long top tube frame will spin slower, but it can spin easier. Sebuah frame dgn top tube panjang atas akan berputar lebih lambat, tetapi dapat berputar lebih mudah. Anda memiliki lebih banyak ruang untuk melakukan. Juga cenderung untuk melompat lebih tegak. Panjang Rear End memiliki efek yang sama. Inilah sebabnya mengapa S & M Holmes dan Dirt Bikes kembali smenggunakan top tube lebi  panjang dibanding dengan standar saat ini. Karena itu adalah junping frame.
Apa yang perlu anda lakukan adalah menemukan apa yang Anda butuhkan untuk gaya, tinggi, dan tujuan anda. A 6foot dirt jumper on a 19in. Seorang Dirt jumper dgn tinggi 6foot pada 19in frame.akan / dapat mengalami banyak masalah dalam melompat. sepeda sering menolak untuk melompat lurus. Its Ok, jika Anda dapat mengendalikannya.

Rear End Lenght/ Panjang Rear End
Beberapa orang peduli tentang ukuran ini, beberapa lainnya tidak.
Salah pengartian yg umum adalah bahwa Rear End pendek akan membuat manual lebih mudah. Belum tentu benar. Panjang yang tepat lagi adalah sesuai dgn tujuannya. Apa yang panjang untuk satu orang, adalah pendek bagi yg lain.Terutama bila dikombinasikan dengan panjang top tube.
Orang-orang beranggapan Rear End is control of manual. Sekali lagi, tidak sepenuhnya benar. Sama untuk berputar. Bagian belakang adalah  tentang tuas dan tumpuan (titik poros). Semakin pendek ujung depan, semakin panjang bagian belakang akan terasa.Mengapa? Karena Bottom Bracket Anda adalah titik poros Anda. Jika Anda mengambil frame dengan top tube 18in, dan back end 14,75 , It will spin like crap. Ambil fram 21,5in, dan Back End yang sama akan terasa normal, asalkan frame ini sesuai benar dengan Anda.
Mengapa begitu banyak frame memiliki panjang back end 14,25-14,5, dua alasan . Satu, adalah banyak frame untuk street didasarkan pada Fames dirt jump. Street dan dirt jump terkait dalam banyak cara. Dua .. Foot clearance. Seseorang yang memakai ukuran sepatu 11, akan mengalami masalah dengan menyenggol peg jika mereka memiliki back end pendek (13in).
Rear End pendek akan memungkinkan bagian depan untuk lebih cepat, tetapi dgn kecepatan yang sama juga akan memungkinkan untuk menggeser titik keseimbangan Anda lebih cepat, membuat Anda harus membetulkan posisi lebih cepat ketika Anda melakukan itu. Jika Anda masih ragu, tanyalah Rob-O mengapa rear end  nya adalah sekitar 14,5(Kita tahu orang itu bisa manual). Titik yang tepat untuk ukuran frame itu. Beberapa orang mungkin menggunakan sedikit lebih panjang ato pendek, tapi cukup mendekati ukuran tsb..
Untuk bingkai bawah 20,5 (tidak termasuk 20,5)  rear end nya harus di bawah 14in. Seberapa jauh ke bawah masih diperdebatkan. Pada saat Anda memakai frame 18in. Rear end harus mendekati 13in. Banyak frame yang lebih panjang, tidak sependek ini(frame 18in). Mengapa? karena awalnya memang tidak dirancang sependek itu dan beberapa percaya masalah sepatu masih ada untuk orang-orang yang naik frame yang pendek. Emang benar.
Untuk BMX racer ada masalah lain untuk panjang rear end. Gate starts. Seseorang yg kuat akan membutuhkan rear end yang lebih panjang untuk menjaga ujung depan agar ga nongol keluar. Tp terlalu panjang, Anda tidak mendapat dapat daya dari ujung depan sama sekali. Spinners biasanya suka rear end lebih pendek.Sayangnya ada begitu banyak tingkat kekuatan yang berbeda. Untuk Spinners, mustahil untuk mengatakan apa yang terbaik bagi Anda. Untungnya bagi Racers ada sesuatu yang dapat dilakukan. Naikan bar Anda. Yang akan memberikan Anda memanfaat tambahan untuk tarikan ato Turunkan bar untuk mengurangi leverage. Hal ini sayangnya tidak memiliki efek samping lain, tetapi itu akan mengubah gate start anda secara dramatis. Perubahan stang dan rantai half link tunggal, bisa membuat orang tercepat keluar dari gate.
Saran saya, dapatkan rear end sedekat Anda bisa, dan gunakan handlebar untuk fine tune. Ketika Anda membeli frame berikutnya cari frame yang sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

Bottom Bracket Height / Tinggi bottom bracket
Hal ini dapat memiliki efek sebanyak rear end  untuk bike handling. Beberapa lebih suka yang lebih tinggi yang lain lebih suka BB rendah. Beberapa tahun yang lalu, frame west coast yang tinggi, East coast frame yang rendah. Sekarang kurang lebih seimbang satu sama lain.
Sebuah bottom bracket yang tinggi adalah seperti sebuah jet tempur. tidak stabil. Hal ini membuat mereka bagus untuk street tables,carving dan aktivitas lain di mana Anda akan bertumpu pada sepeda. Hal ini juga cenderung membuat ujung depan terasa panjang, dan frame merasa lebih kaku dan ketat. Aneh .. It makes it feel like a short in height frame, even though your technically up higher. Hal ini membuat merasa pendek, meskipun secara teknis Anda naik lebih tinggi. Beberapa orang benar-benar bisa merasakan ini pada frame. Tp ada yg tidak bisa. BB yang tinggi juga dapat membuat penyesuaian manual lebih mudah. Kombinasikan ini dengan top tube pendek, bagian belakang yg benar-benar pendek, itu akan menjadi mimpi buruk untuk kontrol dalam manual. Namun itu akan membuat mudah untuk pull up.
Bottom bracket yang rendah adalah seperti seorang pembalap drag. Panjang dan rendah. Sangat stabil. Membuat sepeda merasa ditanam. Racers  biasanya menggunakan BB rendah karena hal ini, meskipun sedikit lebih tinggi akhir-akhir ini. Anda dapat daya engkol, dan langsung ngacir. While they spin the same as any other BB, they do change manuals. Sementara spin sama dengan BB lain, tetapi manual berubah. Sehingga sulit untuk pull up.
High is 12in.
Med. is 11.75
Low is 11.5

Sebuah pengukuran baru telah bermunculan akhir-akhir ini untuk Street. 11.8. 11,8. sedikit aneh. Ini merasa seperti 12in  ketika sedang dikendarai. Its balance is a little of both 12 and 11.75. Keseimbangan adalah sedikit dari keduanya 12 dan 11,75. Kebanyakan orang tidak akan dapat merasakan perbedaan antara ukuran ini, yang terbukti dengan berapa banyak orang mengabaikan ketinggian BB ketika mereka membeli frame. Mereka hanya merasa "berbeda" dan beradaptasi.

Steering Angle dan Seat Tube Angle
Tidak banyak tambahan mengenai hal ini, walau berikutnya saya akan membahas pengaruhnya bagi top tube.


Bersambung ke Bagian III.

No comments:

Post a Comment