Alasan mengapa saya memuat artikel ini karena saya lebih tertarik pada proses merakit BMX ato modifikasi ketimbang melakukan trik hehehe. Dalam bagian terakhir kita terjun ke bagaimana geometri umum, dan melihat lebih rinci ttg top tube dan chain stay. Artikel ini adalah berurusan dengan kemiringan top tube,seat stay dan sudut head tube.
Top tube slant / kemiringan top tube
Kebanyakan orang menerima begitu saja bahwa tabung atas diukur dan miring relatif sama. Sayangnya, itu tidak benar. Ada banyak cara untuk setup jig yg Anda bisa bayangkan. Dalam industri ini, rider sering naik apa pun yang mereka pikir terasa baik dan terlihat bagus. Waktu untuk merancang frame mereka sendiri, mereka menurut pada kehendak produsen, yang mungkin tidak selalu menjadi apa yg diinginkan. Yang menjelaskan mengapa beberapa frame yang mengerikan. Berlaku jg untuk desain yang sebenarnya. Beberapa perusahaan tidak mengerti tentang merancang untuk kekuatan, akal sehat, atau ide untuk geometri. Suatu perusahaan memiliki seorang desainer frame yg bekerja dari meja. Dia tidak pernah naik BMX. Perusahaan lain hanya melempar frame perusahaan lain menjadi jig mereka dan mulai menduplikat pengelasannya. Hal itu sering terjadi . Produsen memiliki non-rider, non-insinyur dan menggunakan orang sebagai kelinci percobaan. Salah satu contoh produsen dari Taiwan.
Efek miring panjang top tube, yang mengapa beberapa produsen tidak akan memberitahu Anda bagaimana mereka diukur. Biasanya berdasarkan sepanjang top tube, tapi bagaimana jika itu miring? apakah mereka mengukur top tube secara normal? Sayangnya, saya tidak bisa menjawab sebagian dari hal itu. Tapi yang saya dapat beritahu Anda adalah apa yang harus dicari.
Untuk sebagian besar, untuk setiap turunan 3/4in top tube akan mengubah panjang sekitar 1/16in. Smakin lebih jauh kemiringan, semakin bertambah panjang perubahan. Tapi setiap produsen tidak akan pergi lebih rendah dari 1 ato 2inci. Semakin miring secara efektif akan memperpanjang frame. Jadi, jika mereka mengatakan itu adalah top tube 20.5in dengan top tube miring, kemungkinan akan merasa lebih dekat ke 20.75in. Di sisi lain jika tabung frame atas hampir horisontal, dan diberi label 20.5in, Itu akan lebih seperti frame 20.25in.
Seperti yang telah dikatakan, tanpa mengetahui bagaimana mereka diukur, ini mungkin tidak relevan. Because cause it depends on how they measured it. Karena itu tergantung pada bagaimana mereka mengukurnya. Jika Anda mengira mereka mengukur sepanjang top tube, dan mereka tidak, maka anda tidak akan merasakan frame yg Anda pikir. Sekali lagi, banyak yang tidak akan memberitahu Anda bagaimana mereka melakukannya, mengklaim itu adalah "rahasia perusahaan", "industri rahasia", atau beberapa BS lainnya. Seperti saya katakan, banyak yg tidak dapat memberitahu Anda, karena mereka tidak tahu.
Seat tube angles dalam kaitanya dgn panjang top tube.
The seat tube angle. Jika hanya ada satu sudut yg orang akan berikan cara ukurnya, yang satu ini, dan harus satu ini jg. Agaknya. Kebanyakan menggunakan desain frame yang sama sejak 80-an. It works well dan membantu menjaga geometri frame yang cukup sederhana. Yang merupakan hal yang baik
Beberapa Tahun lalu, Redline membuat frame dengan sudut seat 69 derajat (Redline RL-20 II). I loved it, terutama dengan quick release. Ketika seat rendah, atau ketika berdiri, rasanya seperti frame pendek. Saat seat dinaikan seperti mengendarai sebuah mobil balap, lebih memanjang. It was great. Padahal itu dianggap frame 20.5in, tetapi lebih terasa ke 20in frame.
Pikirkan pendulum. Dengan engsel di top tube dan BB di bawahnya. Saat mengayun, dan berubah sudut, maka BB bergerak. Pada frame 20.5in kemiringan 69 derajat bb bergerak maju sekitar 1/2in. Jadi pada frame top tube 20.5in dengan sudut head tube 69 derajat memiliki posisi bb sebuah frame 20in, dan posisi duduk seperti frame 21in! As the seat rises, it goes further back. Saat seat naik, seat akan terasa lebih jauh ke belakang.
Sebuah sudut seat curam memiliki efek sebaliknya. Sebuah frame dengan seat tube curam, akan merasa lebih pendek dari biasanya saat duduk, dan lebi panjang ketika berdiri, karena BB lebih kebelakang, dan seat ke depan.
Lay back seat posts dan top tube length
Ingat lay back seat post? Pada awal flatland, digunakan untuk beberapa alasan. Pada frame yang lebih pendek. Sebuah frame 21 sangatlah besar (banyak orang berpikir masih sperti itu). Ketika Free Agent Limo dan S & M Holmes keluar, orang-orang terkejut. Tidak seorang pun akan naik frame 21, atau 21.5in seperti mereka pikir sebelumnya.Hanya karena tidak ada yang tahu lebih baik.
Kembali ketika flat adalah raja, frame pendek adalah yang terbaik. Pengendara membutuhkan lebih banyak ruang, tetapi frame yg pendek. Seat post lay back memberi mereka ruangan meski ambil duduk dan memakai frame pendek. Ini juga digunakan untuk meng clear kan area bar lebar yg digunakan pada saat itu. Anda harus mampu meraih kursi, dan ujung bar di waktu yang sama untuk trik. Kebanyakan rider berpikir mereka tampak keren. Toko menjual berdasarkan penampilan, posisi bar, dan pengendara tinggi, apa pun yang diperlukan pada saat itu.
Pada saat itu, tidak masalah, bila Anda tidak memiliki panjang frame dari apa yg harus dipilih. Anda ambil apa yang ditawarkan, dan sebagian besar sekitar 20-20.5in. Saat ini, jauh lebih baik, anda bisa membeli frame yang cocok benar dgn Anda dan memakai post yg lebih kuat dan lurus. Lay back seat post adalah bantuan.
Head tube angles versus top tube length
Meskipun telah berubah selama bertahun-tahun, itu tetap relatif konstan di seluruh industri. Pada 80-an sudut head tube adalah 71, dan berubah menjadi 73 pada saat ini. Saya ingat ketika 71 dianggap yang terbaik, setelah itu 72 dan kemudian 73. Orang orang merasa yakin 73 akan tetap sudut disukai. Laju perubahan telah diperlambat sehingga kita mendekati sudut yang optimal. Namun gaya mengendarai yg menentukan itu. Jadi masih bisa berubah. Hanya waktu yang bisa memberitahu.
Head tube angles bisa sangat rumit. Mengubah hal ini memberi beda lebih dari yg orang sadari, dan kebanyakan tidak menyadari bahwa seringnya berubah karena Anda. Fork, ban, tabung, liner, lower headset cup ... Semua mempunyai efek sudut head tube Anda. Sayangnya, itu berlaku ketika produsen membuat frame juga.
Jadi bagaimana efeknya bagi Anda, lebih dari yang Anda pikirkan. S & M Holmes memiliki sudut head tube 73 derajat. A Fit Series One memiliki sudut head tube 74,5 derajat. Apa yang menarik, adalah bahwa kedua frame memiliki panjang top tube, tinggi BB dan sudut seat yg sama (panjang rear end, sudut head tube, dan ketebalan tabung adalah perbedaan terbesar). Namun Seri Fit terasa hampir 1/4in. lebih panjang pada top tube.
Meskipun mungkin bukan masalah, ini adalah sesuatu untuk diperhatikan jika Anda berubah dari sebuah frame yang lebih tua ke yang lebih baru. Ini akan menimbulkan efekpada frame feel, lebih dari hanya faster handling. Ketika beralih dari race atau trail ke frame street atau flatland, ini juga bisa menjadi pertimbangan.
Kesimpulan
Mengapa saya maenulis ini semua? karena saya lebih tertarik pada proses merakit BMX dari pada melakukan trik :) Sementara itu saya harap Anda mendapatkan sesuatu dari seri 3 bagian, saya harap saya tidak terlalu banyak membingungkan orang. Beberapa orang dapat melakukan sesuatu dari hal ini, beberapa orang lain tidak bisa. Saya berharap bahwa ini membantu orang memahami geometri adalah seluruh konsep bukan hanya beberapa sudut yg ada begitu saja. Panduan ini diharapkan akan membantu beberapa dari Anda menemukan apa yang Anda benar-benar inginkan dalam sebuah frame dan menyingkirkan yang tidak perlu.
Tambahan ..
Sebenernya saya tidak akan masuk ke stem dan bar, tapi merasa perlu.
Stem
length dan handling Beberapa pengendara sering menggunakan panjang stem untuk mengimbangi panjang top tube. Hal ini salah karena beberapa alasan. Stem pendek berguna tetapi tidak benar-benar dimaksudkan untuk ini. Satu-satunya cara nyata untuk mengkompensasi hal ini adalah untuk mendapatkan frame yang berbeda.
Sebuah stem pendek dimaksudkan untuk menyesuaikan handling. Stem lebih pendek akan meningkatkan sudut kemudi (hanya di rasa). Head angle tidak cukup curam? Sebuah Stem pendek akan membantu. Terlalu curam, stem yang lebih panjang akan membuat ia merasa lebih seperti chopper. Frame Mini menggunakan Stem pendek karena ukuran yang sesuai untuk mereka. Mereka dirancang untuk menggunakan ukuran itu. Flatlanders menggunakan stem pendek untuk mengurangi perubahan front end feel ketika bar mundur dan untuk membuat kemudi lebih cepat.
Meskipun dapat digunakan untuk menyempurnakan panjang top tube, mirip seperti lay backi seat post. Itu cuma bantuan. Jawaban yang benar adalah frame yg lebih panjang. Ato pilihan yang lebih baik adalah untuk menurunkan bar Anda.
Handlebars, all you want to know
Ini adalah beberapa preferensi ttg handlebars
Terms: Sweep, or back sweep, ini adalah sudut mundur, kebanyakan perusahaan memberitahu Anda pengukuran ini.
Upsweep, Jarang diberi pengukuran, ini adalah berapa banyak sudut up yg bar miliki.
Height, tinggi dari tengah stem clamp , ke tengah ketinggian pegangan.
Width, Saya yakin Anda tahu ini.
Explanation: - Width/Lebar, umumnya saya perhatikan berdasarkan pada lebar bahu. Seorang pria dgn bahu lebar, biasanya akan menggunakan bar yang lebar. There is no real rule as to how wide though. Tidak ada aturan nyata tentang selebar apa. Hanya preferensi pribadi.
- Height /Tinggi.Bar height ber efek ke berapa panjang top tube Anda akan terasa. Lihat bagian sebelumnya dari panduan ini untuk lebih lanjut.
- Upsweep, Jarang diberikan atau diketahui ukuranya. S & M adalah salah satu dari sedikit perusahaan yang memberi Anda semua spesifikasi yg Anda benar-benar harus miliki, kemudian lagi, mereka mungkin menjadi salah satu yg benar-benar menggunakan upsweep, meskipun itu diragukan. Sementara mempunyai efek kekuatan tarik Anda, kita tidak memiliki aturan yang nyata sebagai dasar. Untungnya variasinya sangat sedikit. Terlalu sedikit atau terlalu banyak dapat menyakiti pergelangan tangan Anda dari waktu ke waktu. Sementara bar mungkin terasa gagah untuk Anda, tp selama beberapa minggu kedepan Anda mungkin memperhatikan pergelangan tangan Anda mendapatkan sakit. Ini bisa menjadi penyebabnya.
- Back sweep, A very tricky number. Sebuah ukuran yang sangat rumit. Banyak orang membeli bar mana yg mereka pikir terlihat keren atau teman merekomendasikan. Sayangnya, hal ini lebih kompleks. Sekali lagi tidak ada aturan yang lengkap, Cuma ada beberapa pedoman.
Aturan generik adalah bahwa 8-10 derajat yang terbaik untuk pergelangan tangan Anda. Tidak selalu benar. Aturan yang sebenarnya terlalu banyak atau terlalu sedikit dapat merusak pergelangan tangan Anda. Seharusnya Anda tidak lebih dari 13 derajat. Toh beberapa bar seperti itu dan orang-orang suka.
Aturan saya. Jangan mengubah lebih dari 5 derajat kecuali Anda mengalami masalah. Jika pergelangan tangan Anda terbiasa digunakan untuk 3 derajat sweeps, dan Anda pake 13 derajat, pergelangan tangan Anda tidak akan terbiasa untuk itu dan Anda mungkin memiliki masalah. Sementara bar mungkin merasa keren untuk Anda, tapi setelah beberapa minggu Anda mungkin memperhatikan pergelangan tangan Anda mendapatkan sakit. Ini bisa menjadi penyebabnya. Sayangnya tidak ada aturan ke mana untuk memulai selain generik.
Teori ini bisa bekerja atau tidak., Ini hanya untuk menunjukkan bagaimana orang bisa berbeda.
Handlebar angle
Kebanyakan orang menerima begitu saja bahwa Anda mengukur dengan sudut yang sama seperti fork. Upsweep dapat memperbaiki hubungan dengan tubuh Anda jika mereka tidak selaras dengan benar. tapi, apa benar? Untuk flatland, sudutnya yang berbeda. Jumper suka sejajar, street juga. Beberapa lebih suka lebih mundur dan lainnya lebih suka lebih maju.
Sekali lagi, benar-benar ada aturan tidak ada, jalankan apa yang nyaman. Meskipun dapat digunakan untuk menyesuaikan panjang top tube, tp bukan ide yang baik bahwa bar yg miring benar-benar dapat ber efek pada handling Anda dan mengacaukan sudut sweeps bar Anda. Jika bar Anda memberikan masalah pergelangan tangan, Anda mungkin ingin mulai di sini, karena hal ini tidak memerlukan perubahan bar.
2
and 4 piece handlebarsHanya desain yang berbeda. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.
4 pcs biasanya lebih kaku dari 2 pcs. Mereka juga memiliki pilihan untuk menggunakan pipa ukuran yang berbeda. Seperti 1in. Daripada 7/8in. 4 pcs meski memberi ruang lebih pada lutut tapi ketika terbentur biasanya akan lebih menyakitkan, karena memiliki sudut yang tajam di bagian bawah, daripada 2pcs yg bagian bawahnya bulat. Meskipun saya tidak mengatakan 4pcs lebih lemah atau lebih kuat dari 2pcs, mereka cenderung lebih berat skitar 1 / 2 pon.
2 pcs cenderung sedikit lebih fleksibel, dan lebih ramah pada lutut jika terbentur. Mereka juga lebih mungkin untuk bengkok dan patah, ketika mereka memutuskan hidup mereka sudah berakhir. The End

No comments:
Post a Comment